Selasa, 19 April 2011

Manusia dan Tanggung Jawab


Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah kondisi menanggung segala   sesuatunya sehingga dapat diartikan menjadi menanggung akibatnya dan memberikan jawab.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia dengan tingkah laku ataupun perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Saya akan memberikan contoh seperti setiap mahasiswa ataupun siswa pasti mempunyai kewajiban belajar. Jika mahasiswa/siswa belajar maka hal tersebut memiliki arti mhasiswa/siswa telah memenuhi kewajibannya dan telah bertanggung jawab atas kewajibannya. Jika dari mahasiswa/siswa tidak belajar berarti ia tidak memenuhi kewajibannya dan tidak bertanggung jawab dengan pendidikannya.

Tanggung jawab itu bersifat kodrat yang berarti suadah menjadi bagian kehidupan manusia bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ada seseorang tidak ingin bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang akan memaksakan tanggung jawab tersebut.
Dengan demikian tanggung jawab dapat dilihat dari dua sisi yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain. Dari sisi pembuat seseorang harus menyadari akibat perbuatannya itu berarti seorang tersebut yang harus memulihkan ke dalam keadaan baik.
Dari sisi pihak lain,apabila si pembuat tidak mau bertanggung jawab maka pihak lain yang akan memulihkan baik dengan cara individual maupun dengan cara kemasyarakatan.
Apabila dikaji lagi, tanggung jawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat dengan keseimbangan ,keserasian ,keselarasan antara sesama manusia dan lingkungan antara manusia dan Tuhan selalu dipelihara dengan baik.

Tanggung jawab adalah ciri manusia berbudaya. Manusia merasa bertanggung jawab karena manusia tersebut menyadari akibat baik dan buruknya dari perbuatan yang akan dilakukannya itu meningatkan kesadaran rasa bertanggung jawab memerlukan sebuah usaha yaitu  melaluui takwa kepad Tuahan Yang Maha Esa,penyuluhan,pendidikan, dan keteladanan.
Macam-macam Tanggung Jawab
Manusia berjuang memenuhi keperluannya sendiri atau untuk keperluan pihak lain . Dalam usahanya itu manusia juga menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan yaitu Kekuasaan Tuhan.
Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya. Atas dasar ini,dikenal beberapa jenis tanggung jawab yaitu:

1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
2. Tanggung jawab terhadap keluarga
3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
4. Tanggung jawab terhadap Negara
5. Tanggung jawab terhadap Tuhan

Pengabdian Dan Pengorbanan

Pengabdian
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pendapat,pikiran ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan,cinta,kasih sayang atau satu ikatan dan itu semua itu dilakukan dengan ikhlas.

Pengabdian pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab.Apabila seorang bekerja keras sehari penuh untuk mencukupi kebutuhan berarti seorang tersebut mengabdi kepada keluarga.
Pengabdian kepada agama atau kepada Tuhan terasa menonjol seperti pemeluk agama karena kesadaran moralnya.

Pengorbanan\
Pengorabnan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata..
Perbedaan antara pengabdian dan pengorbanan hampir sama karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan.Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian.Pengorbanan dapat berubah harta benda,pikiran,perasaan bahkan berupa jiwa.
Pengabdian lebih banyak menunjuk kepada perbuatan sedangkan pengorbanan lebih banyak menunjuk kepada pemberian sesuatu ,misalnya berupa pikiran,tenaga,biaya,perasaan,dan waktu Dalam pengabdian selalu dituntut pengorbanan tetapi pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian.
Manusia dan tanggung jawab adalah satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan,dari kehidupan bermasyarakat. Manusia merupakan mahluk individual (pribadi), manusia juga mahluk sosial (berkmasyarakat) dan manusia juga merupakan mahluk pengabdi dalam batasan seorang hamba (religi) artinya adalah manusia itu sendiri sebagai mahluk tuhan. Jika ditinjau dari definisi manusia dari aspek tersebut diatas maka tidak akan terlepas peranan manusia di dunia ini yang mencakup ketiganya secara sederhana namun kompleks. Sehingga dari pernyataan dan definesi tersebutlah dapat disimpulkan bahwa manusia adalah mahluk pembelajar.
Tanggung jawab merupakan aktualisasi dan perwujudan dari sikap sadar seorang yang dikatakan manusia. Jika manusia melakukan suatu hal dengan resiko dan penyelesaian masalahnya dilakukan dalam keadaan tidak sadar, baik sakit atau pengaruh obat – obatan maka tidak dapat dikatakan sebagai si tanggung jawab. Sadar memiliki pengertian tahu, pengertian dan ingat sehingga kesadaran dapat didefinisikan sebagai pengertian dan rasa ingin tahu manusia terhadap hal yang benar baik terhadap sikap dan perbuatannya. Dimana kesadaran manusia sangat berkaitan erat denga hati dan pikiran yang terbuka dan mau menerima sejumlah informasi dan ilmu pengetahuan serta hal – hal yang benar.
Dan bertanggung jawab dalam kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Jadi saya menyimpulkan dari tema kita ”Manusia dan Tanggung jawabnya”.Saya kira semua Setiap manusia yang terlahir di dunia ini memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Tanggung jawab ini lah yang harus kita emban dengan rasa harus diselesaikan dengan cara seharusnya. Setiap manusia adalah pemilik tanggung jawabnya sendiri, maka dari itu jadilah manusia yang bertanggung jawab!!
Referensi:

http://filsafat.kompasiana.com/2010/05/03/manusia-dan-tanggung-jawab/
http://www.mediaindonesia.com/webtorial/klh/?ar_id=NzQ0OA==

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar